Format Word
Format Pdf
SILABUS
Mata pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Pahae Julu
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2010-2011
Standar Kompetensi : Mewujudkan nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan social dengan menunjukkan bahwa remaja Kristen bertumbuh sebagai sebagai pribadi yang dewasa dan tidak kehilangan identitas.
Aspek : Allah Tritunggal dan Karya-karya-Nya dan Nilai-nilai Kristiani
Kompetensi Dasar | Indicator | Nilai-nilai Karakter Bangsa | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber, Bahan dan Alat | ||
Jenis Instrumen | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
Mengalami proses pertumbuhan sebagai pribadi yang dewasa dan memiliki karakter yang kokoh dengan pola pikir yang komprehensif dalam segala aspek | Menjelaskan proses remaja bertumbuh menjadi dewasa dengan perubahan dalam segala aspek | · Religious · Jujur · Disiplin · Kerja keras · Bersahabat/ komunikatif | Proses dan Pribadi yang Dewasa | Ø Menyebutkan pengertian proses pertumbuhan dewasa. Ø Menyebutkan pengertian pribadi yang dewasa. Ø Menjelaskan beberpa perubahan yang harus dialami oleh seorang remaja. Ø Mendiskusikan contoh-contoh perubahan yang dialami remaja secara fisik. Ø Mendiskusikan contoh-contoh perubahan yang dialami remaja dalam aspek social. Ø Mendiskusikan contoh-contoh perubahan yang dialami remaja dalam aspek intelektual. Ø Mendiskusikan contoh-contoh perubahan yang dialami remaja dalam aspek emosional | Tugas kelompok | Observasi | Mengamati perubahan-perubahan yang terjadi dalam diri remaja | 2 x 40 | · Alkitab · Buku PAK kelas X Penerbit Cipta Sarana Mandiri · Buku PAK kelas X Penerbit Mitra · Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 1 Penerbit Bina Medan Informasi · Suluh Siswa 1 Bertumbuh Dalam Kristus kelas 10 Penerbit BPK Gunung Mulia. · Teladan Kehidupan 1 PAK SMA kelas X penerbit ANDI |
Mengidentifikasi cirri-ciri kepribadian remaja | Cirri-ciri Umum, Minat dan Faktor Pertentangan Remaja | Ø Menginstropeksi diri tentang cirri-ciri umum kepribadian yang ada pada dirinya baik dari aspek fisik, social, emosi, intelektual, dan moral-spritual. Ø Menyebutkan minat rekreasi remaja yang sering nampak. Ø Menyebutkan minta social remaja yang seringa nampak pada remaja. Ø Menjelaskan keadaan hubungan remaja dengan anggota-anggota keluarga lainnya. Ø Menyebutkan sebab-sebab umum pertentangan remaha dengan anggota keluarga lainnya. Ø Menjelaskan konsekuensi yang diterima remaja dalam usaha memperbaiki kepribadian | Tugas Individu | Sikap | Terlampir 1 | 4 x 40 | |||
Pertanyaan Lisan di kelas | Soal Uraian Bebas | 1. Sebutkan minat yanga da pada dirimu! 2. Seberapa seringkah engkau bertengkar dengan saudaramu? 3. Apa alasanmu menentang keputusan orang tuamu atau anggota keluarga lainnya | |||||||
Identitas Kaum Muda | Ø Menjelaskan tujuan remaha mencari identitas. Ø Menjelaskan alasan identitas merupakan tahap sentral selama masa muda. Ø Menginstropeksi keberadaan diri di kelas kategori/kelompok identitas. Ø Menjelaskan mekanisme pertahanan yang ditempuh remaja dalam mengurangi kecemasan bagi yang belum menemukan identitas. | Pertanyaan Lisan di kelas | Uraian Bebas | 1. Siapakah Kamu? 2. Bagaimana caramu mengenal dirimu lebih jauh? | 2 x 40 | ||||
Mengidentifikasi perubahan remaja dalam mencapai kedewasaan dalam segala aspek | Kedwasaan Fisik dan Kedewasaan Emosi | Ø Menjelaskan makna kedewasaan fisik. Ø Menjelaskan keberadaan diri yang harus diterima dan disyukuri. Ø Menyebutkan pengertian emosi. Ø Menjelaskan ungkapan emosi remaja yang sebenarnya. Ø Menjelaskan cara mengembangkan emosi. Ø Menemukan cara mengendalikan emosi marah | Tugas Kelompok | Penugasan | Diskusikanlah bentuk-bentuk emosi! | 2 x 40 | |||
Kedewasaan Pola Pikir, Kedewasaan Sosial: “menjalin Relasi Dengan Sesama | Ø Menjelaskan makna kedewasaan pola pikir. Ø Mengidentifikasi 4 pola pikir yang perlu dikembangkan. Ø Menemukan ciri karakteristik orang dengan konsep diri positif. Ø Menemukan cirri karakteristik orang dengan konsep diri negative. Ø Menjelaskan faktor-faktor menjalin relasi dengan sesame. Ø Menjelaskan macam-macam relasi | Pertanyaan Lisan di kelas | Uraian Bebas | Apakah perbedaan pola pikir positif dengan negative | 2 x 40 | ||||
Kedewasaan Iman: “takut Akan Tuhan” | Ø Menjelaskan arti kata “takut” Ø Menjelaskan jenis takut menurut Ensklopedi Alkitab Masa Kini. Ø Menjelaskan alasan takut akan Tuhan. Ø Menentukan tanggapan dan sikap yang takut akan Tuhan. | Tugas Individu | Sikap | Terlampir 2 | 2 x 40 | ||||
Kedewasaan Iman: “Himat dan Iman” | Ø Menjelaskan pengertian iman. Ø Menjelaskan pengertian Hkmat. Ø Menjelaskan hubungan hikmat dan iman. Ø Menjelaskan 4 tipe manusia dalam kehidupan sehari-hari. Ø Mendiskusikan tantangan yang sering dihadapi remaja. Ø Menentukan sikap untuk memakai sennjata dalam menghadapi tantangan. | Tugas Kelompok | Penugasan | Diskusikanlah sikap yang baik dalam menghadapi cobaan | 2 x 40 | ||||
Kedewasaan Iman: “Teladan Dalam Kebenaran dan Tanggung Jawab” dan kedewasaan Karakter: “Remaja yang Kristiani” | Ø Menjelaskan makna kebenaran menurut Alkitab. Ø Menjelaskan makna bahwa hukum Taurat tidak membenarkan. Ø Menjelaskan bahwa manusia dibenarkan karena iman. Ø Menjelaskan tujuan sikap keteladanan hidup. Ø Mendiskusikan tanggung jawab orang Kristen sebagai orang beriman. Ø Menyebutkan faktor-faktor yang berpean dalam pembentukan karakter. Ø Mengidentifikasi tindakan remaja Kristen yang sesuai dengan nilai-nlai kristiani. Ø Menyimpulkan uraian remaja yang kristiani. | Pertanyaan Lisan di kelas | Uraian Bebas | Uraikanlah tanggung jawab orang Kristen sebagai orang beriman! | 2 x 40 | ||||
Ulangan Harian | Soal Uraian Terbatas | 1. Sebutkanlah pengertian pribadi yang dewasa! 2. Sebutkanlah kedewasaan yang bagaimanakah harus dicapai oleh remaja! 3. Ada 4 pola pikir, sebutkanlah! 4. Jelaskanlah alasa kita kita takut akan Tuhan! 5. Ada 4 tipe manusia dalam kehidupan sehari-hari, sebutkanlah! | |||||||
Mengidentifikasi berbagai pergumulan dalam keluarga kaitannya dengan penagruh modernisasi | Mengidentifikasi pengaruh modernisasi terhadap keluarga | · Religious · Disiplin · Demokratis · Rasa ingin tahu · Bersahabat/ komunikatif · Tanggung jawab | Probelamtika yang Dihadapi oleh Keluarga | Ø Menyebutkan problematika yang dihadapi keluarga. Ø Menjelaskan pengaruh kemajuan komunikasi terhadap keluarga. Ø Menjelaskan pengaruh banyaknya wanita karier dalam keluarga. Ø Mnejlaskan pengaruh motto: Bekerja Tanpa Henti” terhadap keluarga. Ø Menjelaskan pengaruh gaya hidup modern terhadap keluarga. Ø Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kekerasan dalam keluarga. | Tugas Individu | Observasi | Tuliskanlah problema yang dihadapi oleh keluarga kita! | 4 x 40 | |
Tugas Kelompok | Penugasan | Carilah akibat orang tua sibuk terlalu sibuk di dalam keluarga | |||||||
Menyikapi Gaya Hidup Modern Demi Keharmonisan Keluarga | Ø Menjelaskan sentralisasi keluarga dalam pemenuhan kebutuhan anak. Ø Menjelaskan sikap yang perlu diungkapkan dalam keluarga dalam menjaga keharmonisan keluarga | Tugas Individu | Portofolio | Mengumpulkan semua tugas diskusi siswa baik individu atau kelompok! | 2 x 40 |
Silahkan Download:
Format Word
Format Pdf