Silabus PAK SMA/SMK Kelas X Semester 1

Silahkan Download:
Format Word
Format Pdf


SILABUS


Mata pelajaran                     :     Pendidikan Agama Kristen
Satuan Pendidikan              :     SMK Negeri 1 Pahae Julu
Kelas/Semester                   :     X/1
Tahun Pelajaran                 :     2010-2011
Standar Kompetensi           :     Mewujudkan nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan social dengan menunjukkan bahwa remaja Kristen bertumbuh sebagai sebagai pribadi yang dewasa dan tidak kehilangan identitas.
Aspek                                    :     Allah Tritunggal dan Karya-karya-Nya dan Nilai-nilai Kristiani
Kompetensi Dasar
Indicator
Nilai-nilai Karakter Bangsa
Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber, Bahan dan Alat
Jenis Instrumen
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Mengalami proses pertumbuhan sebagai pribadi yang dewasa dan memiliki karakter yang kokoh dengan pola pikir yang komprehensif dalam segala aspek
Menjelaskan proses remaja bertumbuh menjadi dewasa dengan perubahan dalam segala aspek
·         Religious
·         Jujur
·         Disiplin
·         Kerja keras
·         Bersahabat/ komunikatif
Proses dan Pribadi yang Dewasa
Ø  Menyebutkan pengertian proses pertumbuhan dewasa.
Ø  Menyebutkan pengertian pribadi yang dewasa.
Ø  Menjelaskan beberpa perubahan yang harus dialami oleh seorang remaja.
Ø  Mendiskusikan contoh-contoh perubahan yang dialami remaja secara fisik.
Ø  Mendiskusikan contoh-contoh perubahan yang dialami remaja dalam aspek social.
Ø  Mendiskusikan contoh-contoh perubahan yang dialami remaja dalam aspek intelektual.
Ø  Mendiskusikan contoh-contoh perubahan yang dialami remaja dalam aspek emosional
Tugas kelompok
Observasi
Mengamati perubahan-perubahan yang terjadi dalam diri remaja
2 x 40
·         Alkitab
·         Buku PAK kelas X Penerbit Cipta Sarana Mandiri
·         Buku PAK kelas X Penerbit Mitra
·         Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 1 Penerbit Bina Medan Informasi
·         Suluh Siswa 1 Bertumbuh Dalam Kristus kelas 10 Penerbit BPK Gunung Mulia.
·         Teladan Kehidupan 1 PAK SMA kelas X penerbit ANDI
Mengidentifikasi cirri-ciri kepribadian remaja
Cirri-ciri Umum, Minat dan Faktor Pertentangan Remaja
Ø  Menginstropeksi diri tentang cirri-ciri umum kepribadian yang ada pada dirinya baik dari aspek fisik, social, emosi, intelektual, dan moral-spritual.
Ø  Menyebutkan minat rekreasi remaja yang sering nampak.
Ø  Menyebutkan minta social remaja yang seringa nampak pada remaja.
Ø  Menjelaskan keadaan hubungan remaja dengan anggota-anggota keluarga lainnya.
Ø  Menyebutkan sebab-sebab umum pertentangan remaha dengan anggota keluarga lainnya.
Ø  Menjelaskan konsekuensi yang diterima remaja dalam usaha memperbaiki kepribadian
Tugas Individu
Sikap
Terlampir 1
4 x 40
Pertanyaan Lisan di kelas
Soal Uraian Bebas
1.       Sebutkan minat yanga da pada dirimu!
2.       Seberapa seringkah engkau bertengkar dengan saudaramu?
3.       Apa alasanmu menentang keputusan orang tuamu atau anggota keluarga lainnya
Identitas Kaum Muda
Ø  Menjelaskan tujuan remaha mencari identitas.
Ø  Menjelaskan alasan identitas merupakan tahap sentral selama masa muda.
Ø  Menginstropeksi keberadaan diri di kelas kategori/kelompok identitas.
Ø  Menjelaskan mekanisme pertahanan yang ditempuh remaja dalam mengurangi kecemasan bagi yang belum menemukan identitas.
Pertanyaan Lisan di kelas
Uraian Bebas
1.       Siapakah Kamu?
2.       Bagaimana caramu mengenal dirimu lebih jauh?
2 x 40
Mengidentifikasi perubahan remaja dalam mencapai kedewasaan dalam segala aspek
Kedwasaan Fisik dan Kedewasaan Emosi
Ø  Menjelaskan makna kedewasaan fisik.
Ø  Menjelaskan keberadaan diri yang harus diterima dan disyukuri.
Ø  Menyebutkan pengertian emosi.
Ø  Menjelaskan ungkapan emosi remaja yang sebenarnya.
Ø  Menjelaskan cara mengembangkan emosi.
Ø  Menemukan cara mengendalikan emosi marah
Tugas Kelompok
Penugasan
Diskusikanlah bentuk-bentuk emosi!
2 x 40
Kedewasaan Pola Pikir, Kedewasaan Sosial: “menjalin Relasi Dengan Sesama
Ø  Menjelaskan makna kedewasaan pola pikir.
Ø  Mengidentifikasi 4 pola pikir yang perlu dikembangkan.
Ø  Menemukan ciri karakteristik orang dengan konsep diri positif.
Ø  Menemukan cirri karakteristik orang dengan konsep diri negative.
Ø  Menjelaskan faktor-faktor menjalin relasi dengan sesame.
Ø  Menjelaskan macam-macam relasi
Pertanyaan Lisan di kelas
Uraian Bebas
Apakah perbedaan pola pikir positif dengan negative
2 x 40
Kedewasaan Iman: “takut Akan Tuhan”
Ø  Menjelaskan arti kata “takut”
Ø  Menjelaskan jenis takut menurut Ensklopedi Alkitab Masa Kini.
Ø  Menjelaskan alasan takut akan Tuhan.
Ø  Menentukan tanggapan dan sikap yang takut akan Tuhan.
Tugas Individu
Sikap
Terlampir 2
2 x 40
Kedewasaan Iman: “Himat dan Iman”
Ø  Menjelaskan pengertian iman.
Ø  Menjelaskan pengertian Hkmat.
Ø  Menjelaskan hubungan hikmat dan iman.
Ø  Menjelaskan 4 tipe manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Ø  Mendiskusikan tantangan yang sering dihadapi remaja.
Ø  Menentukan sikap untuk memakai sennjata dalam menghadapi tantangan.
Tugas Kelompok
Penugasan
Diskusikanlah sikap yang baik dalam menghadapi cobaan
2 x 40
Kedewasaan Iman: “Teladan Dalam Kebenaran dan Tanggung Jawab” dan kedewasaan Karakter: “Remaja yang Kristiani”
Ø  Menjelaskan makna kebenaran menurut Alkitab.
Ø  Menjelaskan makna bahwa hukum Taurat tidak membenarkan.
Ø  Menjelaskan bahwa manusia dibenarkan karena iman.
Ø  Menjelaskan tujuan sikap keteladanan hidup.
Ø  Mendiskusikan tanggung jawab orang Kristen sebagai orang beriman.
Ø  Menyebutkan faktor-faktor yang berpean dalam pembentukan karakter.
Ø  Mengidentifikasi tindakan remaja Kristen yang sesuai dengan nilai-nlai kristiani.
Ø  Menyimpulkan uraian remaja yang kristiani.
Pertanyaan Lisan di kelas
Uraian Bebas
Uraikanlah tanggung jawab orang Kristen sebagai orang beriman!
2 x 40
Ulangan Harian
Soal Uraian Terbatas
1.       Sebutkanlah pengertian pribadi yang dewasa!
2.       Sebutkanlah kedewasaan yang bagaimanakah harus dicapai oleh remaja!
3.       Ada 4 pola pikir, sebutkanlah!
4.       Jelaskanlah alasa kita kita takut akan Tuhan!
5.       Ada 4 tipe manusia dalam kehidupan sehari-hari, sebutkanlah!
Mengidentifikasi berbagai pergumulan dalam keluarga kaitannya dengan penagruh modernisasi
Mengidentifikasi pengaruh modernisasi terhadap keluarga
·         Religious
·         Disiplin
·         Demokratis
·         Rasa ingin tahu
·         Bersahabat/ komunikatif
·         Tanggung jawab
Probelamtika yang Dihadapi oleh Keluarga
Ø  Menyebutkan problematika yang dihadapi keluarga.
Ø  Menjelaskan pengaruh kemajuan komunikasi terhadap keluarga.
Ø  Menjelaskan pengaruh banyaknya wanita karier dalam keluarga.
Ø  Mnejlaskan pengaruh motto: Bekerja Tanpa Henti” terhadap keluarga.
Ø  Menjelaskan pengaruh gaya hidup modern terhadap keluarga.
Ø  Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kekerasan dalam keluarga.
Tugas Individu
Observasi
Tuliskanlah problema yang dihadapi oleh keluarga kita!
4 x 40
Tugas Kelompok
Penugasan
Carilah akibat orang tua sibuk terlalu sibuk di dalam keluarga
Menyikapi Gaya Hidup Modern Demi Keharmonisan Keluarga
Ø  Menjelaskan sentralisasi keluarga dalam pemenuhan kebutuhan anak.
Ø  Menjelaskan sikap yang perlu diungkapkan dalam keluarga dalam menjaga keharmonisan keluarga
Tugas Individu
Portofolio
Mengumpulkan semua tugas diskusi siswa baik individu atau kelompok!
2 x 40




Silahkan Download:
Format Word
Format Pdf